Scribble Hub Forum

wildan1197_
wildan1197_
Yeah. Black Star. He is one of the male protagonists I admire the most to date.

Read it.
D
Deleted member 53101
:blob_cookie: It's one of my most favorite CN. The last time I checked is when Aurora becomes Beyond Grade A ..., I think I'll continue from there.
wildan1197_
wildan1197_
Oh, Aurora! Haha. Suka sekali ketika mereka bertiga (Black Star, Aurora & Feidin) pergi ke planet yang peradabannya masih terbelakang, atau ketika Black Star menggunakan mereka berdua (including Nero) sebagai lucky charm, dll.
wildan1197_
wildan1197_
Jadi ingat ketika official translation-nya terkejar semua olehku dan aku sudah tidak sabar lagi nunggu update-nya di minggu berikutnya. Hampir 300 chapter terakhir aku ngebaca ceritanya secara RAW cuma pake bantuan Google Translate.
wildan1197_
wildan1197_
Hasil terjemahannya lumayan, sih. Well, mungkin karena author-nya ngikutin rules grammar yang baik, etc pas nulis jadi walaupun yang nerjemahinnya pake mesin, masih layak untuk dibaca.
D
Deleted member 53101
Ane berusaha menjauh dari MTL sekarang, kalau mau baca di terjemahan yang dah di edit. Katane pembacaku, tulisanku gak jelas dan mirip kayak mtl ..., mungkin gara-gara dah terlalu sering mbaca MTL terus gaya bahasanya rigid dan mirip-mirip sama mesin.
wildan1197_
wildan1197_
Nah bener. Ada side-effect nya juga. Gue pernah nyoba ngakalin itu dengan banyak-banyak baca novel lokal (Andrea Hirata, etc), berharap biar gaya bercerita gue ada variasinya gitu. Itu bekerja pas gue nulis cerita dalam bahasa Indonesia (ya, pastilah) tapi ketika dialihbahasakan ke bahasa lain. Semua "sentuhan artistik, dll" itu nyaris hilang, tak berbekas.
wildan1197_
wildan1197_
Belum nyoba nyuruh orang buat nerjemahin, sih. Belum ada duit, sama agak ragu juga dengan kemampuan mereka. Contohnya kayak mereka nggak ada pengalaman & pengetahuan dengan model cerita yang gue kerjain sekarang gitu. Kacau, 'kan kalau dari basic-nya aja mereka nggak tau sama sekali? Buang-buang duit, energi dan waktu.
wildan1197_
wildan1197_
Moga aja nanti kedepannya ada rezeki, SDM, dll. buat ngewujudin itu.

Yah, untuk sementara solo dulu kita lah :LOL:
D
Deleted member 53101
Bikin aja pateron ..., dan tulis cerita yang auto laku di situs ini, di sini three bestnya itu yuri, genben, & smut. Itu kalo lu mmg bener-bener pengen mau nyari duit. Kayak mbak nanakawaichan misal ..., dia itu tahun lalu kyknya gak banyak amat patronnya, tapi sekarang dah seratusan. Kepo ama dia wong dia ternyata orang Indo pas ane lurking di forum.
Top